4 Tips Laris Jualan Ala Pedagang Eceran

Tips Laris Jualan Ala Pedagang Pasar Turi


Menjadi pengusaha pedagang eceran mempunyai beberapa keuntungan. Salah satunya besarnya kebutuhan dari masyarakat sehingga masih mempunyai potensi mendapatkan laba cukup besar.

Dengan menjamurnya pedagang eceran (ritel) tentunya juga memberikan tantangan tersendiri bagi kita. Terutama bagi kita yang menjual barang yang sejenis, sehingga terus bersaing agar menjadi pilihan utama.

Nah, bagi kita yang sedang menjalankan bisnis eceran tak ada salahnya menyimak beberapa tips agar bisa mensukseskan bisnis pedagang eceran kita.

1. Lokasi Jualan Menentukan Kesuksesan


Seperti halnya bisnis lainnya, posisi kios (toko) juga mempunyai peranan penting untuk bisnis kita terus berkembang. Untuk itu sebelum memulai bisnis, kita harus dapat memilih posisi toko yang strategis sehingga memudahkan diakses oleh pembeli.

2. Jaga Pasokan Barang (Kalau Bisa Always Stock)


Hal ini juga amat penting untuk kita perhatikan saat kita menjalankan bisnis toko eceran. Jangan sampai produk yang ada outstock (terlalu banyak) maupun kekurangan barang. Untuk itu kita harus memiliki jaringan supplier barang yang baik, dan juga harus cerdas dalam memilih supplier.

Terkadang ada beberapa pedagang eceran yang membeli lewat supplier pihak ketika, tapi akan lebih baik bila kita membelinya secara langsung diprodusen. Bukan hanya mendapatkan harga yang cukup murah, tentunya juga kualitas barang yang baik.

3. Perhatikan Kondisi Lingkungan


Yang dimaksudkan adalah mengenai pola hidup maupun kebiasaan masyarakat disekitar toko. Yang perlu kita pahami adalah siapa saja target pembeli toko kita. Dengan kita mengenali konsumen kita, agar usaha kita berjalan lebih baik.

Dan pasti kita sering melihat sebuah toko eceran ramai dengan pembeli dan tak jarang pembeli satu dengan yang lain saling bercengkrama. Jadi tak mengherankan bila umumnya toko eceran ini memiliki kesan yang kekeluargaan yang lebih kental bila dibandingkan dengan berbelanja di supermarket. Untuk itu selain faktor produk, pelayanan dan juga suasana toko yang hangat harus kita ciptakan.

4. Tatanan Toko yang Efisien


Terkadang sebelum kita membeli di toko eceran, kita hanya sekedar lewat sambil melihat apakah sekiranya ada barang yang kita butuhkan. Sebab itu kita harus menata barang dagangan dengan baik.

Yang menjadi fokus utama tentunya adalah yang terlihat pertama kali pada toko, maka akan lebih baik memajang produk utama di bagian depan agar mudah terlihat. Dan untuk bagian dalam juga tak kalah penting, untuk itu kita harus menampilkan paling tidak sampel barang ditempat yang mudah terlihat.

Berikut tadi beberapa tips yang harus kita perhatikan ketika memulai atau menjalankan bisnis toko eceran. Semoga dengan beberapa tips tadi mampu meningkatkan dan membantu unti mengembangkan usaha toko eceran Anda semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berwisata Sembari Keliling Kota Naik Aryo Blitar

Beli Tiket Pesawat Tanpa KTP?

Tips Liburan Murah dengan Kapal Pesiar